Sabtu, 08 Maret 2014

Mengeksekusi Babel Besar



KETIKA malaikat itu meneruskan lukisan mengenai binatang buas merah ungu dari Wahyu 17:3, ia memberitahu Yohanes:

”Yang penting di sini ialah akal yang mengandung hikmat: ketujuh kepala itu adalah tujuh gunung, yang di atasnya perempuan itu duduk, ketujuhnya adalah juga tujuh raja: lima di antaranya sudah jatuh, yang satu ada dan yang lain belum datang, dan jika ia datang, ia akan tinggal seketika saja.” (Wahyu 17:9, 10)

Di sini malaikat itu sedang menyampaikan hikmat dari atas, satu-satunya hikmat yang dapat memberikan pengertian mengenai lambang-lambang dalam buku Wahyu. (Yakobus 3:17) Hikmat ini memberitahu golongan Yohanes dan rekan-rekannya mengenai seriusnya jaman kita sekarang. Hal ini membina dalam hati orang-orang yang berbakti penghargaan terhadap keputusan hukum Yehuwa, yang sekarang akan dilaksanakan, dan menanamkan perasaan takut yang sehat kepada Yehuwa. Seperti dikatakan dalam Amsal 9:10: ”Permulaan hikmat adalah takut akan [Yehuwa], dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian.” Apa yang disingkapkan oleh hikmat ilahi kepada kita mengenai binatang buas?


Tujuh kepala dari binatang yang ganas itu memaksudkan tujuh ”gunung,” atau tujuh ”raja.” Kedua istilah itu digunakan dalam Alkitab untuk memaksudkan kuasa-kuasa pemerintahan. (Yeremia 51:24, 25; Daniel 2:34, 35, 44, 45) Dalam Alkitab, enam kuasa dunia disebutkan mempunyai pengaruh kuat dalam hal-ikhwal umat Allah: Mesir, Asyur, Babel, Media-Persia, Yunani, dan Roma. Dari antara mereka, lima sudah datang dan pergi pada waktu Yohanes menerima Wahyu, sedangkan Roma masih merupakan kuasa dunia yang kuat. Ini selaras benar dengan kata-kata, ”lima di antaranya sudah jatuh, yang satu ada.” Namun bagaimana dengan ”yang lain” yang belum muncul?
 Kekaisaran Roma tetap bertahan dan bahkan berkembang selama ratusan tahun setelah jaman Yohanes. Pada tahun 330 M., Kaisar Konstantin memindahkan ibukotanya dari Roma ke Bizantium, yang ia ganti namanya menjadi Konstantinopel. Pada tahun 395 M., Kekaisaran Roma terpecah menjadi bagian Timur dan bagian Barat. Pada tahun 410 M., Roma sendiri jatuh ke tangan Alarik, raja kaum Visigot (rumpun bangsa Jerman yang telah berubah agama kepada merek ”Kekristenan” dari suku Aria). Suku-suku dari rumpun bangsa Jerman (juga ”Kristen”) menaklukkan Spanyol dan banyak dari daerah Roma di Afrika Utara. Di Eropa selama berabad-abad terjadi gejolak, keresahan, dan penataan kembali. Kaisar-kaisar yang terkemuka muncul di negeri Barat, seperti misalnya Charlemagne, yang mengadakan persekutuan dengan Paus Leo III pada abad ke-9, dan Frederick II, yang memerintah pada abad ke-13. Namun wilayah kekuasaan mereka, walaupun dinamakan Kekaisaran Roma Suci, jauh lebih kecil daripada Kekaisaran Roma sebelumnya pada masa kejayaannya. Ini lebih merupakan pemulihan atau kelanjutan kuasa purba tersebut daripada suatu kekaisaran yang baru.
 Kekaisaran Roma di sebelah Timur, yang pusatnya di Konstantinopel, bertahan namun dalam hubungan yang tidak menentu dengan Kekaisaran sebelah Barat. Pada abad keenam, kaisar dari Timur Justinian I dapat menaklukkan kembali sebagian besar dari Afrika Utara, dan ia juga campur tangan di Spanyol dan Italia. Pada abad ketujuh, Justinian II mendapatkan kembali untuk Kerajaan itu daerah-daerah di Makedonia yang telah ditaklukkan oleh orang-orang dari suku Slavik. Tetapi, menjelang abad kedelapan, bekas daerah Roma purba di Afrika Utara, Spanyol, dan Siria, banyak yang jatuh ke tangan kekaisaran Islam yang baru dan dengan demikian kekuasaan atasnya beralih dari Konstantinopel maupun Roma.
 Kota Konstantinopel sendiri masih berdiri agak lebih lama. Ia bertahan terhadap serangan yang sering dialaminya dari orang Persia, Arab, Bulgar, dan Rusia sampai kota itu akhirnya jatuh pada tahun 1203—bukan ke tangan orang Islam tetapi kepada orang-orang dari Barat yang ambil bagian dalam Perang Salib. Tetapi, pada tahun 1453, kota ini jatuh ke tangan kekuasaan penguasa Ottoman yang Islam, Mehmed II, dan tidak lama kemudian menjadi ibukota Kerajaan Ottoman, atau Turki. Jadi, meskipun kota Roma jatuh pada tahun 410 M., setelah berabad-abad semua bekas Kekaisaran politik Roma itu baru berlalu dari panggung dunia. Dan bahkan pada waktu itu, pengaruhnya masih tetap dapat dilihat dalam imperium-imperium agama yang bertumpu pada paus-paus dari Roma dan gereja-gereja Ortodoks Timur.
 Tetapi, menjelang abad ke-15, beberapa negeri membangun imperium-imperium yang sama sekali baru. Meskipun beberapa dari kuasa-kuasa imperium yang baru ini berada di daerah bekas koloni-koloni Roma, kerajaan-kerajaan mereka bukan hanya sekedar kelanjutan dari Kekaisaran Roma. Portugal, Spanyol, Prancis, dan Belanda semuanya menjadi pusat wilayah-wilayah kerajaan yang luas sekali. Namun yang paling berhasil adalah Inggris, yang akhirnya menguasai suatu kerajaan yang sangat besar yang di sana ’matahari tidak pernah terbenam.’ Imperium ini menyebar pada masa-masa yang berbeda ke banyak bagian dari Amerika Utara, Afrika, India, dan Asia Tenggara, maupun wilayah yang luas di Pasifik Selatan.
 Menjelang abad ke-19, beberapa dari koloni-koloni di Amerika Utara, sudah memisahkan diri dari Inggris untuk membentuk Amerika Serikat yang independen. Secara politik, konflik antara bangsa yang baru itu dengan bekas negara induknya masih berlangsung. Meskipun demikian, perang dunia pertama memaksa kedua negara itu untuk mengakui kepentingan mereka bersama dan mengukuhkan suatu hubungan istimewa di antara mereka. Jadi, muncul suatu bentuk kuasa dunia gabungan yang terdiri dari Amerika Serikat, yang sekarang adalah bangsa terkaya di dunia, dan Britania Raya, pusat imperium kerajaan yang terbesar di dunia. Maka, inilah ”kepala,” atau kuasa dunia ketujuh, yang terus ada sampai jaman akhir dan di daerah-daerah tersebut Saksi-Saksi Yehuwa jaman modern mula-mula berakar. Dibanding dengan pemerintahan yang berlangsung lama dari kepala keenam, yang ketujuh ini hanya berdiri ”seketika saja,” sampai Kerajaan Allah membinasakan semua kesatuan nasional.

Mengapa Disebut Raja Kedelapan?
 Malaikat itu selanjutnya menjelaskan kepada Yohanes:

”Dan binatang yang pernah ada dan yang sekarang tidak ada itu, ia sendiri adalah raja kedelapan dan namun demikian satu [”muncul,” NW] dari ketujuh itu dan ia menuju kepada kebinasaan.” (Wahyu 17:11)

Binatang buas merah-ungu simbolis itu ”muncul dari” tujuh kepala tadi; yaitu, ia dilahirkan dari, atau berhutang eksistensi kepada kepala-kepala dari ’binatang buas’ yang semula yang ”keluar dari dalam laut,” yang patungnya adalah binatang buas merah-ungu tersebut. Cara bagaimana? Nah, pada tahun 1919 kuasa Anglo-Amerika adalah kepala yang sedang berkuasa. Enam kepala sebelumnya telah jatuh, dan kedudukan yang dominan sebagai kuasa dunia telah beralih kepada kepala gabungan ini dan sekarang berpusat di dalamnya. Kepala yang ketujuh ini, sebagai wakil yang ada sekarang dari barisan kuasa-kuasa dunia, adalah tenaga penggerak dalam mendirikan Liga Bangsa Bangsa dan masih merupakan penganjur dan pendukung keuangan yang utama dari Perserikatan Bangsa Bangsa. Jadi, dalam lambang, binatang buas merah ungu itu—raja kedelapan—”muncul dari” tujuh kepala yang semula. Dilihat dari sudut ini, pernyataan bahwa ia muncul dari ketujuh itu selaras benar dengan penyingkapan sebelumnya bahwa binatang buas bertanduk dua yang seperti anak domba (Kuasa Dunia Anglo-Amerika, kepala ketujuh dari binatang buas yang semula) mendesak dibuatnya patung itu dan memberinya kehidupan.—Wahyu 13:1, 11, 14, 15.

 Selain itu, anggota-anggota yang semula dari Liga Bangsa Bangsa, bersama dengan Britania Raya, juga mencakup pemerintahan-pemerintahan yang berkuasa di tempat kedudukan dari beberapa kepala yang sebelumnya, yaitu Yunani, Iran (Persia) dan Italia (Roma). Kemudian, pemerintahan-pemerintahan yang berkuasa atas daerah yang dikendalikan oleh bekas enam kuasa dunia tersebut menjadi anggota-anggota pendukung dari patung binatang buas itu. Dalam hal ini, juga, dapat dikatakan bahwa binatang buas merah ungu itu muncul dari ketujuh kuasa dunia.
 Perhatikan bahwa binatang buas merah ungu itu ”sendiri adalah raja kedelapan.” Jadi, Perserikatan Bangsa Bangsa dewasa ini dirancang agar tampak seperti suatu pemerintahan dunia. Kadang-kadang badan itu bahkan bertindak seperti itu, dengan mengirim bala tentara ke medan perang untuk menyelesaikan pertikaian internasional, seperti di Korea, Semenanjung Sinai, beberapa negeri Afrika, dan Libanon. Namun badan ini hanya patung dari seorang raja. Seperti sebuah patung agama, ia tidak mempunyai pengaruh atau kuasa yang sejati terlepas dari apa yang ditanamkan di dalamnya oleh mereka yang membuat dan menyembahnya. Kadang-kadang, binatang buas simbolis ini tampak lemah; tetapi ia belum pernah mengalami ditinggalkan sekaligus oleh para anggota diktator yang mendorong Liga Bangsa Bangsa terhuyung-huyung ke dalam jurang maut. (Wahyu 17:8) Walaupun mempunyai pendapat berbeda yang radikal di daerah-daerah lain, seorang pemimpin Soviet yang terkemuka pada tahun 1987 bergabung dengan paus-paus Roma untuk menyatakan dukungan kepada PBB. Ia bahkan menuntut adanya ”sistem keamanan internasional yang lengkap” yang didasarkan atas PBB. Seperti akan segera diketahui oleh Yohanes, akan tiba waktunya manakala PBB akan bertindak dengan wewenang yang cukup besar. Kemudian dia sendiri, menurut gilirannya, akan ”menunju kepada kebinasaan.”

Sepuluh Raja untuk Satu Jam
Dalam pasal sebelumnya dari buku Wahyu, malaikat keenam dan malaikat ketujuh mencurahkan cawan-cawan murka Allah. Jadi kita diberitahu bahwa raja-raja di bumi sedang dikumpulkan kepada perang Allah di Armagedon dan bahwa ’Babel besar itu diingat oleh Allah.’ (Wahyu 16:1, 14, 19) Sekarang kita akan mengetahui dengan lebih terinci bagaimana penghukuman Allah atas mereka akan dilaksanakan. Dengarkan lagi kepada malaikat Yehuwa seraya ia berbicara kepada Yohanes.

”Dan kesepuluh tanduk yang telah kaulihat itu adalah sepuluh raja, yang belum mulai memerintah, tetapi satu jam lamanya mereka akan menerima kuasa sebagai raja, bersama-sama dengan binatang itu. Mereka seia sekata, kekuatan dan kekuasaan mereka, mereka berikan kepada binatang itu. Mereka akan berperang melawan Anak Domba. Tetapi Anak Domba akan mengalahkan mereka, karena Ia adalah Tuan di atas segala tuan dan Raja di atas segala raja. Mereka bersama-sama dengan Dia juga akan menang, yaitu mereka yang terpanggil, yang telah dipilih dan yang setia.”—Wahyu 17:12-14.

Sepuluh tanduk itu menggambarkan semua kuasa politik yang dewasa ini memegang kekuasaan di dunia dan yang mendukung patung binatang buas. Sedikit sekali dari negara-negara yang ada sekarang dikenal pada jaman Yohanes. Dan yang pada waktu itu telah dikenal, seperti misalnya Mesir dan Persia (Iran), dewasa ini mempunyai sistem politik yang sama sekali berbeda. Jadi, pada abad pertama, ’kesepuluh tanduk itu belum mulai memerintah.’ Tetapi sekarang pada hari Tuhan, mereka ”memerintah,” atau mempunyai wewenang politik. Dengan jatuhnya imperium-imperium kolonial yang besar, khususnya sejak perang dunia kedua, banyak bangsa baru dilahirkan. Mereka, maupun kuasa-kuasa yang sudah berdiri lebih lama, harus memerintah bersama binatang buas itu untuk suatu jangka waktu yang pendek—hanya ”satu jam”—sebelum Yehuwa mengakhiri semua kuasa politik dunia di Armagedon.

 Dewasa ini, nasionalisme merupakan salah satu tenaga pendorong yang paling kuat yang menggerakkan kesepuluh tanduk. Mereka ”seia sekata [”satu pikiran,” NW]” dalam hal mereka ingin mempertahankan kedaulatan nasional mereka dan tidak mau menerima Kerajaan Allah. Inilah tujuan mereka dalam mendukung Liga Bangsa Bangsa dan Perserikatan Bangsa Bangsa—untuk memelihara perdamaian dunia dan dengan demikian melindungi eksistensi mereka sendiri. Sikap sedemikian memastikan bahwa tanduk-tanduk itu akan menentang Anak Domba, ”Tuan di atas segala tuan dan Raja di atas segala raja,” karena Yehuwa bermaksud agar KerajaanNya di bawah Yesus Kristus tidak lama lagi menggantikan semua kerajaan ini.—Daniel 7:13, 14; Matius 24:30; 25:31-33, 46.

 Tentu, tidak ada yang dapat dilakukan oleh para penguasa dunia ini terhadap Yesus sendiri. Ia berada di surga, jauh dari jangkauan mereka. Tetapi saudara-saudara Yesus, kaum sisa dari benih perempuan, masih berada di bumi dan jelas mudah diserang. (Wahyu 12:17, Bode) Banyak dari tanduk-tanduk itu telah memperlihatkan kebencian yang besar terhadap mereka, dan dengan cara demikian mereka berperang melawan Anak Domba. (Matius 25:40, 45) Tetapi, tidak lama lagi, akan tiba waktunya bagi Kerajaan Allah untuk ”meremukkan segala kerajaan dan menghabisinya.” (Daniel 2:44) Pada waktu itu, raja-raja di bumi akan berperang habis-habisan melawan Anak Domba, seperti yang akan kita lihat tidak lama lagi. (Wahyu 19:11-21) Tetapi kita sudah cukup banyak belajar untuk mengerti bahwa bangsa-bangsa tidak akan berhasil. Walaupun mereka dan binatang buas merah ungu PBB ”seia sekata,” mereka tidak dapat mengalahkan ”Tuan di atas segala tuan dan Raja di atas segala raja” yang agung. Mereka juga tidak dapat mengalahkan ”mereka yang terpanggil, yang telah dipilih dan yang setia” yang bersama-sama dengan dia, termasuk para pengikutnya yang terurap yang masih ada di bumi. Orang-orang ini juga akan menang dengan memelihara integritas sebagai jawaban kepada tuduhan Setan yang keji.—Roma 8:37-39; Wahyu 12:10, 11.
Membinasakan Pelacur Itu
 Umat Allah bukan satu-satunya sasaran dari sikap permusuhan sepuluh tanduk itu. Malaikat itu sekarang menarik perhatian Yohanes kembali kepada pelacur itu, ”Lalu ia berkata kepadaku: ’Semua air yang telah kaulihat, di mana wanita pelacur itu duduk, adalah bangsa-bangsa dan rakyat banyak dan kaum dan bahasa. Dan kesepuluh tanduk yang telah kaulihat itu serta binatang itu akan membenci pelacur itu dan mereka akan membuat dia menjadi sunyi dan telanjang, dan mereka akan memakan dagingnya dan membakarnya dengan api.’”—Wahyu 17:15, 16.

 Babel purba mengandalkan air yang menjadi pertahanannya, demikian pula Babel Besar dewasa ini mengandalkan anggota-anggotanya yang sangat banyak jumlahnya yang terdiri dari ”bangsa-bangsa dan rakyat banyak dan kaum dan bahasa.” Malaikat itu dengan tepat menarik perhatian kita kepada hal ini sebelum memberitahu tentang suatu perkembangan yang mengejutkan: Pemerintahan-pemerintahan politik dari bumi ini akan berbalik dengan keras melawan Babel Besar. Apa yang akan dilakukan oleh semua ”bangsa-bangsa dan rakyat banyak dan kaum dan bahasa” pada waktu itu? Umat Allah sudah memperingatkan Babel Besar bahwa air Sungai Efrat akan mengering. (Wahyu 16:12) Air tersebut akhirnya akan kering sama sekali. Air tersebut tidak dapat memberikan kepada pelacur tua yang menjijikkan itu bantuan apapun yang berarti pada saat ia sangat membutuhkannya.—Yesaya 44:27; Yeremia 50:38; 51:36, 37.

 Pasti, kekayaan materi yang luar biasa besar dari Babel Besar tidak akan menyelamatkan dia. Hal tersebut bahkan dapat mempercepat kehancurannya, karena penglihatan itu menunjukkan bahwa ketika binatang buas dan kesepuluh tanduk melampiaskan kebencian mereka ke atasnya, mereka akan melucuti pakaian kerajaannya dan semua perhiasannya. Mereka akan menjarah kekayaannya. Mereka akan ”membuat dia menjadi . . . telanjang,” dengan cara yang memalukan menyingkapkan sifat aslinya. Benar-benar suatu kehancuran! Nasib akhirnya juga sama sekali tidak terhormat. Mereka menghancurkan dia, ”memakan dagingnya,” membuatnya menjadi tulang belulang yang tidak bernyawa. Akhirnya, mereka ”membakarnya dengan api.” Ia dibakar seperti seorang pembawa tulah, bahkan tidak mendapat penguburan yang layak! Bukan hanya bangsa-bangsa, yang dilambangkan oleh sepuluh tanduk, yang menghancurkan pelacur besar, tetapi ’binatang buas,’ maksudnya PBB sendiri, bergabung dengan mereka dalam serangan ini. Badan itu akan menyetujui kehancuran agama palsu. Mayoritas dari 150 bangsa lebih dalam PBB sudah memperlihatkan, melalui pola pemberian suara mereka, kebencian terhadap agama, terutama agama dari Susunan Kristen.

Mengapa bangsa-bangsa akan memperlakukan bekas kekasih mereka dengan begitu kejam? Kita telah melihat dalam sejarah belakangan ini potensi besar untuk sikap berbalik melawan agama Babel tersebut. Perlawanan resmi dari pemerintahan telah sangat mengurangi pengaruh agama di negeri-negeri seperti misalnya Uni Soviet dan Cina. Di bagian-bagian Eropa yang Protestan, sikap acuh tak acuh dan keragu-raguan yang meluas telah membuat gereja-gereja kosong, sehingga agama secara praktis telah mati. Imperium Katolik yang sangat luas terpecah-belah oleh pemberontakan dan pertentangan, yang tidak dapat diredakan oleh paus yang sering mengadakan perjalanan keliling. Namun, kita tidak boleh kehilangan pandangan akan kenyataan bahwa serangan terakhir yang total atas Babel Besar akan datang sebagai pernyataan penghukuman Allah yang tidak dapat diubah atas pelacur besar itu.

Melaksanakan Rencana Allah
 Bagaimana Yehuwa melaksanakan penghukuman ini? Ini dapat digambarkan dengan tindakan Yehuwa melawan umatNya yang murtad pada jaman purba, yang mengenai mereka Ia mengatakan: ”Di kalangan para nabi Yerusalem Aku melihat ada yang mengerikan: mereka berzinah dan berkelakuan tidak jujur; mereka menguatkan hati orang-orang yang berbuat jahat, sehingga tidak ada seorangpun yang bertobat dari kejahatannya; semuanya mereka telah menjadi seperti Sodom bagiKu dan penduduknya seperti Gomora.” (Yeremia 23:14) Pada tahun 607 S.M., Yehuwa menggunakan Nebukadnezar untuk ’menelanjangi, merampas perhiasan-perhiasan, dan meninggalkan dalam keadaan telanjang bugil’ kota itu yang berzinah secara rohani. (Yehezkiel 23:4, 26, 29) Yerusalem pada jaman itu merupakan pola dari Susunan Kristen dewasa ini, dan seperti yang Yohanes lihat dalam penglihatan-penglihatan sebelumnya, Yehuwa akan melaksanakan penghukuman yang sama atas Susunan Kristen dan agama palsu lainnya. Keadaan Yerusalem setelah tahun 607 S.M. yang telantar dan tidak berpenghuni memperlihatkan bagaimana keadaan Susunan Kristen yang bersifat agama nanti setelah dilucuti dari kekayaannya dan ditelanjangi secara memalukan. Dan agama-agama lain dari Babel Besar tidak akan lebih baik keadaannya.

 Sekali lagi Yehuwa menggunakan para penguasa manusia untuk melaksanakan hukuman. ”Sebab Allah akan menaruh ke dalam hati mereka untuk melakukan rencanaNya, bahkan untuk melaksanakan satu rencana mereka dengan memberikan kerajaan mereka kepada binatang buas, sampai segala firman Allah digenapi.” (Wahyu 17:17, ”NW”)

Apa gerangan ’rencana’ Allah? Yaitu mengatur agar para pelaksana penghukuman atas Babel Besar bersatu, agar dapat menghancurkan dia sama sekali. Tentu, motif para penguasa dalam menyerang dia adalah untuk melaksanakan ”satu rencana” mereka sendiri. Mereka akan merasa bahwa adalah demi kepentingan nasionalistis mereka untuk berbalik melawan pelacur besar itu. Mereka mungkin mulai menganggap agama yang diorganisasi dalam wilayah mereka sebagai ancaman terhadap kedaulatan mereka. Tetapi sebenarnya Yehuwa yang menggerakkan semua hal-ikhwal; mereka akan melaksanakan rencanaNya dengan menghancurkan musuh bebuyutanNya yang berzinah dengan satu kali pukul!—Bandingkan Yeremia 7:8-11, 34.

Ya, bangsa-bangsa akan menggunakan binatang buas merah ungu, Perserikatan Bangsa Bangsa, untuk menghancurkan Babel Besar. Mereka tidak bertindak berdasarkan prakarsa sendiri, karena Yehuwa menaruh dalam hati mereka ”bahkan untuk melaksanakan satu rencana mereka dengan memberikan kerajaan mereka kepada binatang buas.” Bila tiba waktunya, bangsa-bangsa pasti akan melihat perlunya menguatkan Perserikatan Bangsa Bangsa. Mereka seolah-olah akan memberinya gigi, yaitu memberikan wewenang dan kekuasaan apapun yang mereka miliki agar badan itu dapat berbalik melawan agama palsu dan berperang dengan berhasil melawannya ”sampai segala firman Allah digenapi.” Dengan demikian, pelacur purba itu akan menemui akhirnya yang tuntas. Dan benar-benar selamat tinggal baginya!
 Seolah-olah untuk menandaskan kepastian dari pelaksanaan penghukuman Yehuwa atas imperium agama palsu sedunia, malaikat itu mengakhiri kesaksiannya dengan mengatakan: ”Dan perempuan yang telah kaulihat itu, adalah kota besar yang memerintah atas raja-raja di bumi.” (Wahyu 17:18)

Seperti Babel pada jaman Belsyazar, Babel Besar telah ”ditimbang dengan neraca dan didapati terlalu ringan [”kurang,” The New English Bible].” (Daniel 5:27) Penghukumannya akan cepat dan tuntas. Dan bagaimana sambutan Saksi-Saksi Yehuwa terhadap penyingkapan rahasia tentang pelacur besar itu dan binatang buas merah ungu? Mereka memperlihatkan gairah dalam memberitakan hari penghukuman Yehuwa, sambil menjawab para pencari kebenaran yang tulus ”dengan ramah.” (Kolose 4:5, 6, NW; Wahyu 17:3, 7) Seperti akan diperlihatkan oleh pasal berikut, semua yang ingin selamat pada waktu pelacur besar itu dihukum harus bertindak, dan bertindak dengan cepat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar