Senin, 25 Februari 2013

Binatang yg bisa hidup abadi.

Taukah anda binatang yang dapat hidup abadi itu adalah salah satu jenis ubur-ubur? Tidak seperti hewan lainnya yang akan mati, hewan ini dapat hidup selamanya. Hewan tersebut adalah Turritopsis Nutricula, atau dikenal sebagai immortal jellyfish. Saat menjadi dewasa, ubur-ubur ini bisa kembali ke tahap polip lalu bertumbuh lagi dari awal. Hal ini dimungkinkan karena ubur-ubur abadi mampu mengembangkan sel transdifferentiation, yakni sel yang berubah menjadi sel baru. Dalam proses ini, sulur-sulur dari ubur-ubur abadi diubah menjadi polip baru. Secara teoritis, proses ini bisa berlanjut terus tanpa batas.
 
ubur-uburabadi-apakabardunia.jpg
 
Ubur-ubur abadi berbentuk seperti lonceng, dengan diameter maksimum sekitar 4,5 milimeter. Pada bagian perut ada bagian warna merah terang. Pada spesimen yang masih muda, hanya memiliki delapan tentakel saja, sementara saat dewasa bisa berkembang hingga 80-90 tentakel.
 
Walau dapat hidup abadi, kenyataannya dialam liar mereka akan dimangsa oleh predator atau mati karena penyakit. Berada pada umumnya di lautan berdaerah tropis, tersebar di seluruh dunia walau asalnya diyakini dari Karibia

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar