Selasa, 27 Mei 2014

APAKAH YESUS ITU TUHAN ATAU RASUL ATAU NABI.

Dalam 66 kitab yang terdapat di dalam Bible Kristen Protestan, dan dalam 73 kitab yang terdapat di dalam Bible Katolik, tidak satupun disebutkan kalimat Yesus yang menyatakan sendiri "Sesungguhnya aku adalah Tuhan" atau "sembahlah aku” .
Adalah suatu fakta yang mesti direnungkan, bahwa Yesus semasa hidupnya dalam Alkitab yang diimani Gereja senantiasa mengajarkan dirinya adalah seorang utusan Allah:
• Yohanes 12:49 “Bapa/Allah yang mengutus aku.” = Rasul Allah.
• Matius 15:24-26 “Aku diutus hanya kepada … umat Israel .” = Rasul Allah.
• Yohanes 17:3 “Hidup kekal mengenal Yesus yang telah Engkau (Allah) utus.” = Rasul Allah.
• Yohanes 15:21 “Dia, yang telah mengutus aku (Yesus)” = Rasul Allah.
• Matius 10:40 “Dia/Allah yang mengutus aku.” = Rasul Allah.
• Matius 23:10 “Hanya satu pemimpinmu yaitu Mesias.” = hanya Pemimpin umat.
• Markus 6:4-6a “Yesus berkata bahwa dirinya hanya seorang Nabi.” = Nabi Allah.
• Lukas 4:18 “Dia/Allah yang telah mengutus aku.” = Rasul Allah.
• Lukas 4:24 “Yesus berkata bahwa dirinya hanya seorang Nabi.” = Nabi Allah.
• Lukas 4:43 “Untuk itulah aku diutus.” = Rasul Allah.
• Lukas 7:16 “Yesus membenarkan orang yang mengatakan dirinya hanya Nabi.”
• Lukas 7:39 “Yesus diam saja, ketika orang menyebut dirinya hanya seorang Nabi.”
• Lukas 9:48 “Dia/Allah yang mengutus aku.” = Rasul Allah.
• Lukas 10:16 “Dia/Allah yang mengutus aku.” = Rasul Allah.
• Yohanes 4:34 “Dia/Allah yang mengutus aku.” = Rasul Allah.
• Yohanes 4:44 “Yesus bersaksi bahwa dirinya hanya seorang Nabi.” = Nabi Allah.
• Yohanes 4:19 “Yesus membenarkan wanita yang menyebut dirinya hanya Nabi.”
• Yohanes 6:38 “Dia/Allah yang telah mengutus aku.” = Rasul Allah.
• Yohanes 6:39 “Dia/Allah yang telah mengutus aku.” = Rasul Allah.
• Yohanes 6:57 “Bapa/Allah mengutus aku.” = Rasul Allah.
• Yohanes 7:16 “Dia/Allah yang telah mengutus aku.” = Rasul Allah.
• Yohanes 7:33 “Dia/Allah yang telah mengutus aku.” = Rasul Allah.
• Yohanes 8:29 “Dia/Allah yang telah mengutus aku.” = Rasul Allah.
• Yohanes 8:18 “Bapa/Allah yang mengutus aku.” = Rasul Allah.
• Yohanes 9:4 “Dia/Allah yang mengutus aku.” = Rasul Allah.
• Yohanes 11:42 “Engkaulah (Allah) yang mengutus aku.” = Rasul Allah.
• Yohanes 17 :6-9 “Engkaulah (Allah) yang telah mengutus aku.” = Rasul Allah.
Secara spesifik pun Yesus mengajarkan penyembahan terhadap Allah, dan memposisikan dirinya selalu diluar pribadi oknum Tuhan:
• Matius 4:10 “Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti.”
• Matius 23:9 “Hanya satu Bapamu, Dia yang disurga.”
• Markus 12:29 “Tuhan Allah kita, Tuhan itu Esa.”
• Markus 12:32 “Tidak ada yang lain kecuali Dia (Allah).” = Laa Ilaaha Illallah
• Lukas 10:21 “Bapa/Allah, Tuhan langit dan bumi.”
• Yohanes 5:44 “Allah yang Esa.”
• Yohanes 17:3 “Mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar.”
• Yohanes 20:17 “Aku akan pergi kepada Bapaku dan Bapamu, Allahku dan Allahmu.”
• Yohanes 8:54 “Jika aku memuliakan diriku sendiri, maka kemuliaanku itu sedikitpun tidak ada artinya. Bapa/Allah-kulah yang memuliakanku.”
• Matius 18:19 “Permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa/Allah-ku di sorga.”
• Markus 10:18 “Mengapa kau katakan aku baik? Tidak ada yang baik selain Allah.”
• Matius 7:21“Bukan setiap orang yang berseru kepadaku Tuhan, Tuhan! Akan masuk kerajaan sorga. Melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa/Allah-ku disorga.”
• Lukas 18:19 “Mengapa kau katakan aku baik? Tidak ada yang baik selain Allah.”
• Matius 19-17 “Hanya Satu yang baik … turutilah perintah Allah.”
Fakta jelas terangkum nyata dalam Alkitab Kristen sendiri, lantas mengapakah kita tidak berpikir?
قَالَ إِنِّي عَبْدُ اللَّهِ آتَانِيَ الْكِتَابَ وَجَعَلَنِي نَبِيًّا
“Berkata Isa: "Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi,” (QS. Maryam' 19:30)
إِنَّ اللَّهَ رَبِّي وَرَبُّكُمْ فَاعْبُدُوهُ هَذَا صِرَاطٌ مُسْتَقِيمٌ
“(Berkata Isa:) "Sesungguhnya Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, karena itu sembahlah Dia. Inilah jalan yang lurus".” (QS. Ali-Imran' 3:51)
Maha Benar Allah Dengan Segala Firman-Nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar