Selasa, 05 Maret 2013

Tubuh Manusia Sebagai Pembangkit Listrik?

 

blood-cellphone-charm-1Jangan meremehkan tubuh manusia. Aliran darah kita ternyata bisa menghasilkan energi yang mampu menghidupkan iPod dan ponsel! Konversi getaran frekuensi rendah seperti gerakan tubuh, degup jantung, juga bisa diubah menjadi listrik menggunakan jaringan nano oksida zinc. Jaringan nano ini adalah piezoelectric, bahan yang menghasilkan listrik terkini ketika terhubung dengan tekanan mekanis.
Jadi kelak saat kita berjalan-jalan jarak jauh, maka gerakan tubuh kita bisa menghasilkan energi listrik. Beragam piranti elektrik kecil seperti iPod atau ponsel dapat terhubung ke lutut kita demi “menyedot” energi melalui alat nano super mungil seukuran seperdualima rambut manusia.
“Riset ini akan memberi pengaruh besar pada teknologi pertahanan, monitor lingkungan, sains biomedis dan pernagkat personal,” jelas Zhong Lin Wang, profesor School of Material Science and Engineering di Georgia Institute of Technology.
Tahun 2006 tim Wang pernah memperkebalkan nanogenerator dan kemampuan menghasilkan kekuatan dari gelombang ultrasonik pada tahun 2007.
Menurutnya, jaringan nano bisa terbuat dari bahan metal, keramik, polimer atau kain. Bahkan alat ini bisa juga ditanamkan di bawah kulit manusia. Aduh, kelamaan mahluk hidup menjadi pembangkit tenaga listrik juga ya?

sumber
Diterjemahkan secara bebas dari LiveScience.
foto:internetsiao.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar